February 9, 2022

5 Langkah Mudah Aktifkan Pembayaran JD.id Paylater

By penulis

Di jaman sekarang, pembayaran dengan metode pay later atau bayar nanti mungkin sudah familiar bagi banyak orang. Bukan cuma karena daftarnya yang mudah, pay later juga bisa membantu orang untuk bertransaksi di saat darurat untuk kebutuhan mendesak. Misalnya, di waktu tanggal tua, paket internet di HP habis atau butuh beli bahan-bahan makanan. Dengan adanya pay later, kebutuhan tersebut sementara bisa dipenuhi dan dibayar saat gajian. 

Menariknya, layanan pay later, kini juga bisa digunakan di semua e-commerce yang populer. Termasuk JD.id, e-commerce yang terkenal dengan tagline Dijamin Ori. Dengan kata lain, kamu bisa bertransaksi dengan lebih leluasa di merchant-merchant atau produk-produk yang memang dijual di e-commerce. Mulai dari fashion, gadget, makanan, minuman, dan masih banyak lagi. 

Tertarik belanja dan pakai pembayaran JD.id pay later? Yuk ikuti 5 langkah mudah mengaktifkannya berikut ini. 

1. Buat akun JD.id

Sudah punya akun JD.id? Kalau belum, maka kamu wajib daftar dulu. Selain memudahkan dalam bertransaksi, memiliki akun JD.id juga akan memberikan berbagai keuntungan. Histori transaksi bisa tercatat, bisa dapat voucher atau promo  khusus member, dan masih banyak lagi. Plus, kalau tertarik pakai pay later, punya akun JD.id adalah hal wajib supaya bisa menghubungkan akun dengan lebih mudah ketika bertransaksi. 

2. Pilih dan daftar layanan paylater yang bekerja sama seperti Kredivo

Seperti e-commerce pada umumnya, JD.id menyediakan layanan pay later yang bermitra dengan perusahaan fintech yang terdaftar di OJK. Salah satunya adalah Kredivo, yang sudah berdiri sejak 2015 dan menjadi fintech terfavorit saat ini. 

Selain karena limit yang diberikan lebih besar dibanding fintech lain, maksimal sampai Rp 30 juta, syarat daftar Kredivo juga gampang banget, yaitu:

  1. Pendaftar adalah WNI berusia minimal 18 tahun atau maksimal 60 tahun. 
  2. Punya penghasilan minimal sebesar Rp 3 juta per bulan. 
  3. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, dan Kediri. 

Nah, apakah kamu termasuk yang sudah memenuhi tiga syarat di atas? Jika sudah, artinya kamu lolos kualifikasi untuk bisa daftar akun Kredivo. Untuk mendaftar, unduh aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store, ya. Selain punya akun JD.id, punya akun pay later sebelum bertransaksi di JD.id juga merupakan hal wajib. Jadi, punya akun dulu baru bisa transaksi, ya.

3. Tunggu dalam 1×24 jam untuk approval

Karena berbasis online, Kredivo punya waktu approval pendaftaran yang terbilang lebih cepat dibandingkan layanan kredit konvensional. Dalam 1×24 jam sejak submit pendaftaran, biasanya kamu akan menerima informasi apakah pendaftaranmu disetujui atau ditolak. Jika disetujui, maka kamu akan menerima sejumlah limit yang aktif dan bisa langsung digunakan untuk bertransaksi di JD.id atau merchant rekanan Kredivo lainnya. 

Jika ditolak, jangan khawatir. Dalam 3 bulan ke depan, kamu bisa mencoba mengajukan pendaftaran ulang. Maka dari itu, penting untuk memastikan di awal kalau kamu sudah memenuhi syarat dan mendaftar sesuai dengan instruksi yang diberikan. Yang paling penting, menggunakan data asli yang sesuai identitasmu sendiri. Dengan begitu, peluang pendaftaranmu disetujui oleh Kredivo akan lebih besar. 

4. Pastikan limit cukup

Untuk kamu yang sudah memiliki akun JD.id dan akun Kredivo, lalu ingin bertransaksi, hal penting yang harus dipastikan adalah limit di akun Kredivo kamu mencukupi. Terutama sesuai dengan transaksi yang ingin dilakukan. Misalnya, kamu berencana pakai pay later Kredivo untuk kredit HP baru di JD.id. 

Artinya, limit kreditmu harus lebih besar daripada harga HP yang kamu inginkan. Tidak boleh kurang atau pas-pasan. Untuk HP harga Rp 3 jutaan, paling tidak, limit kreditmu harus Rp 4 juta lebih supaya transaksi bisa diproses, ya. 

Tanpa limit yang mencukupi, maka transaksi tidak bisa diproses. 

5. Paylater aktif dan transaksi bisa dilakukan

Kredivo menawarkan 3 opsi transaksi untuk kamu yang ingin bertransaksi, terutama jika status akunmu adalah premium, yaitu: 

  1. Kamu bisa transaksi tanpa bunga dalam tempo 30 hari, tanpa minimum transaksi. 
  2. Kamu bisa cicilan 0% dengan tenor maksimal 3 bulan, dengan minimum transaksi sebesar 500 ribu. 
  3. Kamu bisa cicilan dengan tenor yang lebih panjang, yaitu 3/6/12 bulan, dengan bunga rendah hanya 2,6% dan minimum transaksi hanya 500 ribu rupiah. 

Menarik, kan? Opsi pertama bisa digunakan jika kamu punya kebutuhan mendesak dalam jumlah kecil seperti harus isi pulsa, paket internet, atau belanja barang-barang perintilan. Sementara opsi kedua dan ketiga, bisa dimanfaatkan jika punya kebutuhan untuk kredit barang yang harganya tinggi seperti smartphone atau alat elektronik lainnya. 

Untuk bertransaksi, langsung aja buka halaman JD.id, pilih barang yang diinginkan lalu pilih Kredivo di halaman pembayaran. Sambungkan akun dan pilih opsi transaksi yang kamu inginkan. Selamat mencoba!