May 12, 2021

Makanan khas lebaran di Indonesia

By penulis
main image

Menjelang akhir bulan Ramadhan, tentunya kita akan bertemu dengan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Orang-orang biasanya menyiapkan segala hal, seperti membeli baju baru, membuat kue kering, dan tak lupa membuat ketupat beserta makanannya. Tidak hanya opor ayam, masih banyak berbagai macam olahan daging ayam, sapi, kambing maupun bebek yang lezat. Seperti di negara Indonesia yang banyak sekali ragam budaya diberbagai daerah, tentunya berbeda dengan daerah lainnya. Berikut makanan khas Lebaran di berbagai daerah di Indonesia.

  • Ayam Woku, Manado

Ayam Woku kurang lebih sama dengan ayam bumbu rujak. Numun, ada kekhasan tersendiri dari Ayam Woku khas Manado, mulai dari rasa dan tingkat pedas serta gurihnya. Banyaknya bumbu dan rempah yang digunakan sebagai bahan utama menjadikan makanan untuk Lebaran bagi warga Manado ini menjadi salah satu yang paling dinanti.

  • Gulai Nangka, Medan

Kuliner khas Lebaran yang cukup populer di kota Medan dan sekitarnya. Gulai nangka terbuat dari potongan nangka muda yang digabungkan dengan daging iga atau ceker serta kacang panjang dan santan kental yang gurih.

  • Bebek Gulai Kurma, Aceh

Bebek gulai kurma dibuat dengan rempah-rempah dan juga kuah santan yang memiliki kekayaan rasa tersendiri, tentunya menggunakan kurma sebagai bahan utama. Bebek Gulai Kurma memiliki rasa pedas, gurih dan segar.

  • Ayam Gagape, Makassar

Ayam Gagape menjadi salah satu makanan khas Lebaran yang wajib ada di meja makan bagi warga Makassar dan Sulawesi Selatan. Tampilan kuahnya memang mirip dengan opor daging ayam, namun memiliki rasa yang jauh lebih gurih karena tambahan kelapa parut sangrai.

  • Soto Banjar, Banjarmasin

Walaupun sering tersaji di hari-hari biasa, Soto Banjar termasuk ke dalam salah satu makanan khas Lebaran bagi warga Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Soto Banjar memiliki isian mulai dari suwiran daging ayam kampung, telur rebus, bawang goreng dan ketupat, juga meiliki rasa yang khas.

  • Kella Pate, Madura

Jika pada umumny biasa menggunakan daging sapi sebagai lauk utamanya, Kalla Pate malah menggunakan ikan tenggiri yang digoreng. Setelahnya ikan dimasak dengan kuah santan dan bumbu serta rempah, plus belimbing wuluh, yang menjadikan makanan ini memiliki rasa gurih dan asam, namun tetap lezat. Makanan pendamping yang paling pas untuk menikmati Kella Pate adalah dengan menggunakan ketupat atau lontong.

  • Lemang Lepat Lau, Pontianak

Lemang Lepat Lau adalah makanan khas Melayu yang paling dinanti warga saat Lebaran tiba. Makanan yang berasal dari beras ketan yang dimasukkan dalam bambu dan ditambahkan santan juga garam menjanjikan rasa yang gurih. Lemang Lepat Lau paling sedap dinikmati bersama rendang daging dan serundeng kelapa.

  • Anam, Palembang

Anam menjadi salah satu makanan khas Lebaran yang kerap disajikan warga Palembang dan sekitarnya. Mirip seperti gulai, kuliner ini memiliki rasa yang gurih dan pas digabungkan dengan ketupat, yang menjadi ikon makanan khas Lebaran.

  • Lodeh Terong, Pekalongan

Bagi warga Pekalongan, Lodeh Terong merupakan makanan khas Lebaran. Lodeh Terong memiliki rasa yang gurih dan sedikit pedas menjadikan makanan ini sebagai salah satu kuliner yang pas disantap bersama dengan ketupat saat Lebaran.

  • Uve Mpoi, Palu

Bagi warga Palu, Uve Mpoi menjadi makanan khas Lebaran yang harus ada. Uve Mpoi yang memiliki rasa yang asam ini memiliki isian utama seperti jeroan sapi, mulai dari usus, hati hingga ampela sapi dan tulang rawan pada bagian tertentu. Selain asam, rasanya ada pedas dan gurih juga.