May 30, 2020

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janin dalam Kandungan

By penulis

Hal yang sangat penting untuk ibu hamil agar selalu menjaga kesehatan dirinya selama 9 bulan kehamilan. Perlu di ingat, janin akan tumbuh dengan sehat sampai waktu kelahirannya jika ibunya sehat. Bagaimana caranya menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi dalam kandungan adalah dengan cara Pola hidup sehat hamil yang beberapa diantaranya akan dibahas dibawah ini.

1. Makan Makanan Bergizi

Kesehatan ibu hamil sangat tergantunhg pada pola hidup sehat ibu hamil, isilah prong makan anda dengan variasi makanan sehat dan juga bergizi tinggi untuk mendukung kesehatan diri sendiri juga janin dalam kandungan. Untuk ibu hamil, makanan makanan bergizi bisa membanti menambah stamina, menghidari resiko Komplikasi kehamilam, mengontrol berat badan saat hamil tetap sehat, sehingga kesehatan ibu hamol lebih baik.

Selain itu, pola makan sehat ibu hamil juga bisa membantu menyetabilkan suasana hati supaya terhidar dari depresi saat hamil, Makan makanan bernutrisis sejak kehamolan muda juga bantu mempersiapkan kesehatan ibi hamil secara maksimal menjelang persalinan.

Asupan gizi yang bervatiasi namun tetap seimbang juga mendukung kelancaran proses tumbuh kembang bayi dan juga kesehatan ibu hamil, Tidak lipa asupan makanan bergizi dapat membantu menjaga berat janian tetap sehat serta mencegah resiko bayi cacat lahir.

  • Makanan yang mengandung vitamin C, seperti buah jeruk, jambu biji dan juga stroberi.
  • Makanan dan minuman yang mengandung kalsium seperti susu uang dipasteurisasi dan sayuran berwarna hijau.
  • Makanan berprotein, seperti telur yang dimasak matangm dada ayam dan gandum utuh atau juga beras merah
  • Makanan kaya zat besi, seperti brokolo dan kacang-kacangan
  • Makanan yang mengandung lemak sehat, seperti ikan salmon yang sudah dimasakn matang serta buah alpukat.
  • Makanan yang mendangung asam folay, seperti kuning telur dan juga bayam.

Sementara itu, supaya kesehatan ibu hamil terjaga, hindari makan daging setengan matang, jeroan hewan, dan makanan cepa tsaji yang tinggi lemak trans selama ibu hamil menjalani pola hidup sehat. Hindari makan ikan yang mengandung tinggi merkuri selama hamil, seperti ikan tuna, ikan makarel, dan ikan pedang supaya kesehatan ibui hamil tetap terjaga.

2. Olahraga Rutin

Hamil bukan menjadi alas an utnuk tidak berolahraga. Olahraga masih menjadi bagian penting dari pola hidup sehat ibu hamil untuk mengjaga kesehatan ibu hamil. Olahraga membantu melancarkan sirkulasi darah serta oksigen dalam tubuh, memperkuat otot serta mngurangi strees pada saat hamil. Olahraga juga mendukuang kecerdasan banyi sejak di dalam kandungan.

3. Tidur Cukup

Cukup tidur mampu menjaga kesehatan ibiu hamil. Calon ibu setidaknya harus tidur delapan jam setiap malam. Namun, Anda akan lebih mudah mengantuk di siang hari tapi sulit tidur malam hari kaibat perbahan horomon.

Masalah hamil ini kemudian membuat Anda jadi kurang tidur akibat jadwal tidur yang tidak menentu. Paahnya lagi, kurnag tidur, selama kehamilan dikaitkan dnegan komplikasi spereti preeklampsia dan beresiko lahir Caesar.

Maka dari itu segeralah untuk tidur jika ibu hamil merasa capek dan mengantuk, sering seringlah tiduer siang untuk mencakupi waktu tidur anda, Ibu hamil sebenarnya malah dianjurkan untuk tidur malam lebih lama dari biasanya. Banyak tidue juhga dianjurkan untuk membantu proses persalinan lebih lancer dan membuat kesehatan ibuk hamil terjaga dengan lebih baik. Usahakan agar mmbuat kamar tidue lebih Nyman dan mencoba posisis tidue baru.