May 22, 2020

Tips Cara Cepat Hamil untuk Perempuan yang Sedang dalam Program Hamil

By penulis
Ilustrasi Kendalikan Diri dengan Pasangan

Sumber: hellosehat.com

Memiliki anak itu bukanlah perkara yang mudah, kalian harus terlebih dahulu melalui berbagai prosesnya. Contohnya adalah pasangan kamu harus menanam ‘benih’ ke dalam tubuh kamu agar terjadi perkawinan antara sel telur dengan sperma. Setelah itu, barulah kamu bisa mengandung calon malaikat kecil kesayanganmu. Yah, sebagai pengingat proses biologisnya aja, sih. Malahan, tidak sedikit wanita di dunia ini yang mengalami kesulitan untuk hamil. Akan tetapi ini wajar mengingat bahwa mendapatkan kehamilan juga butuh waktu, ada yang dipermudah saja bahkan ada yang sudah bertahun-tahunbelum memiliki anak.

Kendati begitu, bukan tidak mungkin kamu mampu meningkatkan peluang kehamilan kamu. Berikut beberapa tips cepat hamil yang bisa kamu coba.

1. Berhubungan seks saat masa subur

Kamu berpeluang lebih cepat hamil kalau ngeseks bareng pasangan kamu di saat kamu sedang dalam masa subur. Menurut American Society for Reproductive Medicine, masa subur pada wanita terjadi lima hari sebelum ovulasi (pelepasan sel telur yang sudah matang) dan di hari terjadinya ovulasi atau istilah gampangnya menstruasi.

2. Menjaga berat badan tetap normal

Menjaga berat badan tubuh tetap seimbang menjadi salah satu faktor seberapa cepat kamu hamil, demikian dilansir dari Live Science. Kalau kamu terlalu gemuk, maka peluang hamil kamu akan semakin kecil. Bukan tanpa sebab, hal ini dikarenakan estrogen yang dihasilkan oleh lemak membuat ovulasi terganggu. 

Namun, rupanya kelebihan berat badan lebih baik daripada kekurangan berat badan. Kalau kamu terlalu kurus, peluang kamu untuk hamil jauh lebih kecil daripada wanita gemuk karena siklus menstruasi lebih sering terganggu. Jadi, jaga berat badan tubuh kamu tetap ideal ya biar bisa cepat hamil.

3. Makan makanan sehat

Jika kamu adalah wanita yang sedang berusaha keras untuk bisa hamil, jangan coba-coba untuk makan yang aneh-aneh dulu deh. Usahakan makanan yang kamu makan sehari-hari itu sehat. Usut punya usut, makanan sehat yang kamu konsumsi itu akan menjadi bekal berupa nutrisi yang akan kamu berikan ke bayi di dalam perutmu.

Praktis, kamu perlu memperbanyak mengonsumsi sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak, hingga susu. Kamu harus rela melakukan ini demi kesuburan kehamilan kamu, ladies.

4. Pergi jauh dari yang namanya rokok

Tidak dapat dimungkiri kalau merokok selalu memberikan dampak negatif bagi pria maupun wanita. Mayo Clinic melaporkan kalau rokok bisa mengganggu kesuburan wanita karena di dalam rokok terdapat bahan kimia yang berbahaya seperti nikotin dan karbon monoksida.

Sebenarnya tidak hanya sebagai perokok aktif saja, kamu juga tidak boleh menjadi perokok pasif. Pastinya kamu tahu dong kalau perokok pasif bisa mendapat akibat yang lebih buruk daripada perokok aktif, apalagi kamu sedang berjuang untuk cepat hamil!

5. Kurangi olahraga berat

Tidak hanya pria, banyak pula wanita di luar sana yang ingin mencapai body goals nya. Maka dari itu, mereka juga rela menghabiskan waktunya di gym untuk melakukan olahraga dan latihan berat seperti mengangkat dumbbell. Sayangnya, kamu harus meninggalkan kebiasaan ini dulu jika ingin cepat hamil.

Adapun hal ini disebabkan karena terlalu sering olahraga berat membuat ovulasi kamu terganggu. Seorang spesialis endokrinologi dan infertilitas reproduksi bernama Dr. Mary Ellen Pavone saja menyarankan kamu untuk stop aktivitas tersebut dulu apabila ingin cepat hamil. Menurut Pavone, sejauh ini sudah banyak wanita yang mengalami gangguan siklus menstruasi karena keseringan latihan berat.